bisnis paling gratis

Kamis, 01 Oktober 2009

Karya Teguh Santosa baratayudha diterbitkan

Kisah komik Baratayuda ini tak lain dan tak bukan merupakan komik dari kisah epos Mahabharata. Siapa yang tidak mengetahui kisah mitologi kesusastraan Hindu ini. Mahabharata. Kisah ini merupakan kisah wangsa Bharata, kisah keturunan bangsa Bharata. Puncak cerita ini atau klimak cerita bertempat kisah di padang kurusetra. Kisah peperangan besar selama 15 hari antara pandawa lima dan kurawa.

Teguh Santosa selaku pembuat komik ini membuat komik ini menjadi menarik dan bernuansa Indonesia (Mahabharata versi Jawa). Ini merupakan karya komik beliau berjudul Bharatayudha (Mahabharata) yang kurun waktu yang lalu sekitar tahun 1980-an diterbitkan secara bersambung di majalah Ananda. Majalah Ananda majalah anak yang sekarang ini tidak terbit lagi. Kini karya beliau tersebut dihadirkan kembali. Diterbitkan dalam sebuah komik secara lengkap (utuh).
Upaya penerbitan ini tidak semata-mata usaha membangkitkan kembali perkomikan Indonesia. Saat ini perkomikan Indonesia memasuki babak kedua. Juga untuk melestarikan budaya bangsa, yaitu komik cerita wayang.

Sebelumnya. Mahabharata ini, tak hanya dibuat oleh Teguh Santosa saja. Pendahulunya, R.A. Kosasih (dikenal sebagai bapak komik Indonesia, juga pembuat komik mahabharata) telah lebih dulu menerbitkan karyanya sendiri dalam bentuk buku komik bersambung.

Saya selaku penikmat komik tidak mengetahui ihwal awal/sebab Teguh Santosa mengangkat kisah ini ke dalam komik. Mungkin terinspirasi kesuksesan R.A. Kosasih. Atau mungkin juga permintaan pihak majalah Ananda. Majalah Ananda sendiri punya semboyan untuk memajukan pendidikan dan untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya sendiri.

Komik Mahabharata karya Teguh Santosa ini launching pada tanggal 19 Juni 2009 pukul 15.00-21.00 di City Walk Sudirman (depan Menara Batavia), belakang Sahid Hotel - Mid Plaza. Juga dihari R.A. Kosasih (bapak komik Indonesia, 90 tahun). *****(0)********

Generasi era saya mungkin lebih mengenal Teguh Santosa dibandingkan dengan R.A. Kosasih. Karya Teguh dikenal di era tahun 80-an, sedangkan R.A. Kosasih era tahun 60-an (wah, saya sendiri aja belum lahir). Berbeda generasi inilah saya lebih familiar terhadap nama Teguh. R.A. Kosasih menerbit komiknya dalam bentuk buku komik, sedangkan Teguh Santosa dalam bentuk bonus majalah anak-anak.

Komik bersambung di majalah Ananda (dimuat pada bagian bonus Ananda) ini dikumpulkan kembali pencinta komik wayang dan diterbitkan di tahun ini, 2009. Bagi pengemar komik wayang ini merupakan berita yang bagus. Kita bisa menikmatinya secara lengkap yang mungkin kala itu, disaat diterbitkan bersambung di majalah Ananda ada yang hanya membaca sebagian saja. Sekarang dapat membacanya secara komplet.
Pembaca majalah ananda (sekarang tidak terbit lagi) sekarang bisa menikmati karya teguh Santosa pada format buku komik komplet dalam kesatuan cerita utuh. Mungkin pembaca majalah itu dulu, ada bagian yang tak terbaca. Sekarang bisa membacanya secara lengkap dalam format buku komik.

Pada saat diterbitkan di majalah itu, saya hanya membaca sebagian kecil komik ini. Sekarang untuk di daerah kami kalimantan selatan belum kami temukan terbitan buku ini. Semoga saja nanti hadir juga di banjarmasin.


Dari pengemar komik Mahabharata karya Teguh Santosa,



Pengemar Komik Indonesia


Referensi:
*****(0)******* Buku Tamu komikindonesia .com, Andy wijaya, 10 Jun 2009.

Notes :
Pk-0004-bjm-rb-20090819
Dalam komik karya teguh tertulis kisah Bharatayudha



Kutipan :
Buku tamu Andy Wijaya, 10 Jun 2009, 14:56:56 EDT
Launching Komik Mahabharata karya TEGUH SANTOSA tgl 19 Juni 2009 pukul 15.00 - 21.00 di CITY WALK Sudirman (depan Menara Batavia), belakang SAHID Hotel - Mid Plaza. Datang Yah... ada Bapak RA Kosasih loh, beliau BAPAK KOMIK INDONESIA sekarang usianya 90 tahun
----andy@komikindonesia.com-------http://www.komikindonesia. com---------

[i]
[i]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar