bisnis paling gratis

Minggu, 26 Juni 2011

Workshop Talent Search Komikus Baru Koloni

Info Acara


KOLONI mengadakan lomba komik di bandung yang bisa diikuti. Jadi akan ada lomba ngomik untuk memperebutkan slot di koloni jagoan.

Workshop & Talent Search Komikus Baru Koloni oleh KOLONI

Suka membuat komik? Kenal teman/saudara yang suka membuat komik dan yang bersangkutan ingin terjun lebih jauh ke penerbitan komik arus utama? Kalau jawabannya Ya, BERARTI ACARA INI TAK BOLEH DILEWATKAN!

Ikutilah:
Workshop Komik & Pencarian Bakat Komikus Baru Koloni

Lokasi : Kompas Gramedia Fair Bandung
Waktu: Minggu 3 Juli 2011

Pukul : 13:00 – 16:45

Tempat: Ruang Acara lantai 1

MORE
Workshop akan dipandu oleh Galang Tirtakusuma (garudaboi, Hopper)


Caranya:

Beli komik Garudaboi nomor mana pun di Kompas Gramedia Fair Bandung - Festival Citylink atau toko buku Gramedia Festival CityLink , Jl. Peta 241 Bandung tanggal 2 -3 Juli 2011.
Simpan Strooknya, karena akan dipakai untuk registrasi pada hari H, Minggu 3 Juli 2011 di lokasi ruang acara 1 Kompas Gramedia Fair (silakan tanya desk informasi untuk lokasinya ya).

[i]

Yang harus disiapkan untuk sesi pencarian bakat:

Alat gambar dan Meja Lipat. Panitia hanya menyediakan 20 meja untuk peserta. Jadi meja lipat akan sangat berguna bila peserta yang ikut lebih dari 20 orang.
Jumlah halaman yang harus dibuat: minimal 2 halaman - maksimal 4 halaman

Siapkan kertas gambar, dengan bidang gambar komik perbesaran dari ukuran 115 x 180 mm (ukuran komik Koloni). Jadi boleh buat "garis tepi/margin" sebesar 230 x 360 mm (perbesaran 2 kali), 173 x 270 (perbesaran 1,5 kali) dan besaran lain. Yang penting adalah harus in-scale dari ukuran 115 x 180 mm. Untuk memudahkan, boleh juga menggunakan kertas yang dibuat produsen kertas gambar yang sudah menyertakan bidang canvas komik Koloni.

Tema bebas, namun panitia tidak akan menilai karya yang mengusik perihal S.A.R.A. dan pornografi.
Peserta diwajibkan untuk memikirkan storyboarding/layouting, dan membuat sketsa pensil di rumah. Pada hari H, peserta cukup melakukan finishing (penintaan - shading) dan penulisan teks di tempat.

Peserta boleh juga mengolah karyanya dengan media digital (laptop dan pena tablet). Sama dengan peserta manual, peserta media digital hanya boleh melakukan proses pembuatan komik sampai pencilling di rumah. Di tempat acara, peserta dipersilakan untuk melakukan penintaan digital, toning, dan texting seperti biasa. Karya akhir diserahkan dalam bentuk tiff 600 dpi, grayscale mode, dengan layer teks dan gambar terpisah (standar penerbitan).

Bagi peserta yang mengolah karya dengan bantuan Laptop, panitia tidak menyediakan perpanjangan kabel listrik, jadi diharapkan baterai Laptop dalam keadaan terisi penuh , ya :)
Peserta boleh atas nama perorangan, boleh juga grup/studio (dibuat lebih dari 1 orang).


Sebelum pencarian bakat dilakukan, akan ada workshop yang dibawakan oleh komikus Koloni Galang Tirtakusuma (Hopper, Garudaboi yonkoma - Extremely Garudaboi). Galang akan membagi-bagi tips dan triknya membuat komik. Dengan begini peserta juga dapat ilmu dan bisa mengaplikasikannya dalam lomba ini (tentu bila sesuai dan perlu).


Waktu pengerjaan komik lebih kurang 2,5 jam.

komik 4 halaman selesai, namun bisa dilanjutkan sebagai serial bila memungkinkan.
Terbuka untuk umum, boleh sendiri boleh juga atas nama grup

Peserta yang karyanya cukup layak terbit. Maka diterbitkan dalam kompilasi Koloni Jagoan dengan menerima sejumlah royalti dan bersempatan besar untuk membuat komik seru lebih lanjut.


Info lebih lanjut: Hubungi:

Redaksi komik Koloni

gupta@m-c.gramediapublishers.com

koloni@m-c.gramediapublishers.com

021 536 50 110 pesawat 3654

sumber:
FB KOLONI note workshop talent

Berdasarkan info dari FB Koloni untuk peserta yang ikut lomba ini, yaitu:
Pencilling dilakukan di rumah, finishing di tempat acara. Boleh perorangan boleh tim. Yang laik terbit, komiknya akan muncul di koloni Jagoan dan mendapat royalti, serta berkesempatan untuk bekerjasama lebih lanjut untuk membuat karya-karya seru.


salam,


Penggemar Komik Indonesia

Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Indonesia


Acara Lainnya:
- Anime Festival 2: Bale Pare, Parahyangan 2011
- SEKUEN Sebuah Pameran Penciptaan Komik

Tulisan lainnya:
- komik Terbitan bulan depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar