bisnis paling gratis

Rabu, 01 Juni 2011

Dari Babad Panji Tengkorak ke Intan Permata Rimba (6)

Seno Gumira Ajidarma

Dari Babad Panji Tengkorak ke Intan Permata Rimba (6)
oleh: Seno Gumira Ajidarma

Wacana permainan kekuasaan dalam komik ini jelas sangat mungkin diacukan kepada wacana keindonesiaan dari kehidupan sehari-hari. Reformasi politik yang membuka pintu kepada persaingan bebas dalam perebutan dan pembagian kekuasaan, selain memperlihatkan berbagai gejal baru dalam pembelajara, juga masih menyisakan tipu daya dan kelicikan yang sudah lama dikenal, tempat kekerasan dan pembunuhan gelap tidak merupakan tabu. Semua ini teringatkan kembali melalui Intan Permata Rimba dan saya setidaknya melihat satu kata kunci yang terus menerus diajukan dalam komik ini, yakni perdamaian. Di sisi lain, mengacu kepada tokoh utamanya, Intan Sang Permata Rimba, komik ini mengajukan soal lain yang seperti dipesankan lebih penting daripada permainan kekuasaan lingkungan hidup.

Memperbesar Klik Gambar




Di balik wajah serba imut-imut sesuai gaya manga, sebenarnya dalam 1280 hari komik bersambung ini telah berdialog dengan wacana kehidupan sehari-hari, tempat permainan kekuasaan meminta tempat dan memberi akibat paling besar kepada Indonesia belakangan ini. Jika komik ini memberikan kepada saya kesan serius, bukan berarti tidak bisa dinikmati sebagai hiburan yang bermanfaat sekaligus menyenangkan. Penguasaan lekuk liku penceritaan Hans Jaladara yang telah semakin matang adalah permainan yang menarik diikuti keasyikan tersendiri.

Atas daya tahan dan semangat tinggi Hans Jaladara, yang dalam usia 62 tidak pernah menyerah untuk terus menghidupkan komik Indonesia, kiranya patut diberikan penghargaan. Tidak ada penghargaan yang lebih baik bagi seorang penggubah komik selain bahwa karyanay dibaca, tentu dengan semangat yang sama tingginya!

Salam



Seno Gumira Ajidarma
Kampung Utan, Selasa 8 Juni 2010. 13:54.

Sumber:
Sebuah Pengantar terhadap komik Intan Permata Rimba Vol.1 oleh Seno Gumira Ajidarma halaman 6.

&&&&******&&&&

Tulisan diatas dikutip dari buku komik Intan Permata Rimba oleh Hans Jaladara pada buku komik No. 1 yang terbit pada Desember 2010. Saat ini telah sampai vol.3. Untuk volume 4 akan terbit bulan Juni atau Agustus 2011.

Salam,


Penggemar Komik Indonesia
Rabu, 01-Juni-2011. 10:45 PM Wita
Banjarmasin Kalimantan Selatan Indonesia

Tulisan Terkait:
- Babad Panji 5
- Babad Panji 4

Nb:
Intan Permata Rimba 4 akan terbit sekitar bulan Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar