bisnis paling gratis

Senin, 17 Januari 2011

Saur Sepuh dalam Berbagai Media

Brama Kumbara, Niki Kosasih, Saur Sepuh


Kisah drama radio yang satu ini berjudul 'Saur Sepuh' berkisah tentang seorang pemuda yang lebih dikenal dengan sebutan ksatria madangkara. Kisah besutan Niki Kosasih ini sang penulis skenerio dan cerita dari radio tersebut sudah sangat dikenal pada tahun 80-an. Berkat siaran di radio tersebut cerita ini dikenal luas di seluruh Indonesia.

Poster Saur Sepuh
image from asdisuara MP

Terlepas dari kepopuleran di drama radio yang cukup terkenal seantero jagat, maksudnya seluruh Indonesia. Maka, diangkatlah cerita itu ke layar lebar.

Terlepas dari semua yang diceritakan diatas tadi. Ada sebagian kecil yang mungkin belum kita ketahui tentang kisah ini yang perlu kita catat. Beberapa catatan kecil yang masih saya ingat ada beberapa media cerita yang di tampilkan setelah diangkatnya cerita ini ke layar lebar. Ada pula beberapa media lain yang turut mempopulerkannya, diantaranya:
  1. Media Radio (Drama Radio berseri "Saur Sepuh")
  2. Media Layar Lebar Bioskop (dalam bentuk Film/Movie beberapa seri diangkat dari drama radio dengan judul yang sama)
  3. Media Televisi (Layar Kaca atau sinetron berjudul 'Tahta Brama Kumbara")
  4. Media UMBUL (Mainan anak yang lebih dikenal dengan nama 'GAMBAR UMBUL'). Selengkapnya Baca Umbul Komik Ksatria Madangkara Membalas Dendam.
  5. Media Koran (ditampilkan dalam bentuk komik di koran oleh NTOK). Selengkapnya baca Komik Ksatria Madangkara di Koran / Surat kabar harian
Selain itu ada pula berupa komik sempalan yang dibuat mengenai cerita brama kumbara ini. Tapi komik yang dibuat ini diyakini bukan merupakan cerita asli dari seri SAUR SEPUH karya Niki ini.

Salam,


Pengemar Komik Indonesia,
Senin, 17 Januari 2011
Banjarmasin Kalimantan Selatan Indonesia

Nb:
Nama pengarang Saur Sepuh, Niki Kosasih mirip dengan nama belakang R.A. Kosasih.
Kalau dipikir apa ada kaitannya, ya. Antara mereka berdua????

Note:
Tulisan ini dipostingkan juga dapat di http://pengemarkomik.multiply.com
[i]

[i]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar