bisnis paling gratis

Kamis, 24 Maret 2011

umbul komik ksatria 'brama kumbara' madangkara

Brama Kumbara, Ksatria Madangkara, Umbul Komik


Pernah mendengar kata Brama Kumbara atau si Ksatria Madangkara. Bagi yang tidak pernah mendengar atau mengetahui nama ini, maka kita dapat ketahui. Bahwa mereka yang tidak mengetahui tentang nama tersebut tentulah tahun kelahiran-nya diatas tahun 1980.

Memang Brama Kumbara Raja Madangkara ini dikenal oleh orang pada tahun 80-an. Berawal dari sebuah drama radio yang pengirsi suaranya Ferry Fadly. Kisah seorang raja Madangkara yang terkenal digdaya. Cerita drama radio yang populer di tahun itu kemudian diangkat ke layar lebar (bioskop).

UMBUL KOMIK MORE

UMBUL KOMIK "KSATRIA MADANGKARA"

Selain ke media tersebut diatas. Juga ada diterbitkan dalam bentuk mainan anak-anak sekitar tahun 1985. Sebuah mainan yang didaerahku disebut dengan "gagambaran' atau di daerah 'jawa' lebih dikenal dengan istilah "Umbul Mainan". Juga ada komiknya yang bisa dilihat di sini.

ferry fadly pengisi suara Brama Kumbara
image from Hurek blog

Umbul komik yang kita sebut ini memang bercerita tentang kisah si brama tersebut. Salah satu Umbul komik yang kumiliki tentang "Ksatria Madangkara Membalas Dendam" yang bercerita tentang keterlibatan brama yang bertualang ke kerajaan majapahit.

Umbul Komik
Brama Kumbara Membalas Dendam

Selain umbul gambaran atau komik umbul tersebut juga ada diterbitkan komik strip tentang brama kumbara di koran Jawa POST. Judul yang sama dengan versi layar lebarnya "KSATRIA MADANGKARA" dari seri SAUR SEPUH karya Niki Kosasih.

Di komik umbul ini brama kumbara mengunakan Blangkon, kemungkinannya pembuat umbul komik ini adalah orang dari Yogyakarta. .......mungkin saja, ya........ sebab tidak diketahui pembuat umbul komik ini, karena nama pembuatnya tidak tertera.

Salam,


Penggemar Komik Indonesia
Kamis, 24 Maret 2011. Jam 11:16 PM Wita
Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Indonesia

Tulisan Lainnya:
- Saur Sepuh Dalam berbagai media
- Komik Strip Brama Kumbara koran Jawa Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar