bisnis paling gratis

Kamis, 14 April 2011

Diskusi: Komikus Indonesia dan Tantangannya Kini (1)

Diskusi komik
Diskusi Komikus Indonesia dan tantangannya Kini (1)
(Selasa, 12 April 2011)

Diskusi : 'Komikus Indonesia dan Tantangannya Kini'
Pembicara: Sunny Gho (komikus dari Imaginary Friends Studio) & Gupta Mahendra (kurator pameran dan editor KOLONI M&C) | Moderator: Suryorimba Suroto
Tempat : Serambi Salihara, Jakarta
Tanggal :Selasa, 12 April 2011. 16:00 WIB

memperbesar klik gambar

Apa saja yang dibicarakan?


Berbicara tentang diskusi ini tentang Komikus dan tantangannnya kini. Seorang peserta diskusi yang bernama Vbi Djenggotten mengaku masih amatiran bertanya, "Komik seperti apa yang disukai pasar saat ini?". Vbi Djenggotten sendiri telah menerbitkan karyanya berjudul 'Married with Brondong'.

Pertanyaan ini ditujukan pada gupta mahendra yang bekerja sebagai editor KOLONI (komik lokal Indonesia), divisi penerbitan M&C! Comics.
Penerbit yang getol menerbitkan komik indonesia (mangaka Indonesia). Rata-rata komikus koloni yang mengunakan style mangga.

Gupta mahendra tidak menjawab secara pasti. Pada saat ini Penerbit M&C Koloni tempatnya bekerja banyak menerbitkan komik bertema umum dengan sasaran pembaca remaja.

"Kita dari penerbit tidak mau mengarahkan. Bola tetap lebih banyak ada di tangan kreatornya. Kita juga belum menemukan formulanya, komik yang laku seperti apa, masih meraba-raba," ungkapnya.

Terlepas dari diskusi mengenai 'komik seperti apa yang disukai pasar' yang disampaikan Gupta Mahendra pernah saya membaca di FB KOLONI bahwa komik bergenre Fantasi Kurang begitu disukai pembaca tanah air. Info ini hanya sebagai info tambahan saja.

Diskusi tentang komikus dan tantangannya kini memperlihatkan keadaan industri komik Indonesia saat ini. Masih mengeliat dan terus mencari arah kemana komikus yang akan membawa Dunia Perkomikan Indonesia nantinya. Intinya tergantung dari komikus itu sendiri kemana mereka akan membawa dan melangkah.

Ini diungkapkan juga oleh Dian Ina Mehendra pengelola Salihara yang turut hadir di diskusi itu. Peserta diskusi Yang lainnya pun sependapat dengan hal itu.

Salam,


Penggemar Komik Indonesia
Banjarmasin, 14 April 2011. 08.04 PM WITA
Kalimantan Selatan, Indonesia

Tulisan terkait:
- Foto-foto Pembukaan Pameran Salihara 9 April 2011
- Salihara: Pameran Komik "BaraBetina" April 2011
- Workshop Komik dan Animasi Bersama Alfi Zachkyelle 13 April 2011
- Persiapan Persiapan Pameran Salihara 09 April 2011
- Jadwal Acara Pembukaan Pameran Bara Betina Salihara April 2011
[i]

2 komentar:

  1. wahhh kurang tercover nih bahasan soal diskusinya, ;A;
    apa hanya soal itu?
    btw benerkan yang fantasi itu kurang diminati?

    sebab 4hero salah satu komik fantasi yang best seler di Koloni

    BalasHapus
  2. Info tentang komik fantasi kurang diminati saya baca di wall-nya koloni (FB KOLONI). Ketika ada yang nulis di Wall Koloni yang nanyakan tentang komik apa yang diminati pembaca. Koloni sendiri menjawab kurang lebih seperti yang tertulis di atas.

    BTW saya sudah baca "PANEL"-nya Archie.

    Thanks for follow my blog.

    BalasHapus