bisnis paling gratis

Jumat, 25 Februari 2011

Festival Komik Indonesia - Perancis di Gelar di CCCL Surabaya


Photografer: SURYA - AHMAD ZAIMUL HAQ

Pameran Komik yang digelar di CCCl Surabaya atau yang disebut pula sebagai Festival Komik Indonesia - Prancis. Acara ini diselenggarakan merupakan event acara Cergamboree 2011. Seakan tak kalah dengan Pameran komik yang diadakan oleh Akademi Samali bulan lalu. Sebenarnya Pameran Cergamborree ini ialah festival tahunan yang diadakan di kota Surabaya.

Masa lalu kita yang pernah membaca komik Tanguy dan Laverdure. Komik itu merupakan komik Prancis yang sempat populer di tanah air kita ini. Pada masa itu tahun 80-an yang juga merupakan masa keemasan perkomikan Indonesia.

Acara Festival komik indonesia - Perancis Cergamboree 2011 ini dimulai pada hari ini hingga minggu. Mulai Kamis, 24 Feb 2011 berlangsung sampai hari minggu, 27 Feb 2011 itu karya komikus Indonesia dan Prancis. Acara ini merupakan kerja sama antara CCCL dan Studio C2O, sebuah studio seni di Jalan Dr Tjipto, Surabaya.

Pameran ini diberitakan di TempoIntraktif yang bisa dibaca dibawah ini:

-----&&&&&&&----

TEMPO Interaktif, Surabaya - Sebanyak 10 komikus memamerkan karyanya dalam festival komik Prancis - Indonesia di galeri Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya, Jawa Timur, mulai Kamis ini hingga Sabtu lusa. Kegiatan yang dinamakan "Cergamboree 2011" ini merupakan kerja sama antara CCCL dan Studio C2O, sebuah studio seni di Jalan Dr Tjipto, Surabaya.

Ketua panitia pameran Kathleen Azani mengemukakan, peserta festival kali ini berasal dari Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Denpasar. Festival yang mengambil tema "Sejarah Kecil Surabaya" itu didukung oleh komunitas sejarah Surabaya Tempo Dulu. "Ini tahun ketiga bagi kami dalam menyelenggarakan festival komik," kata Kathleen, tadi siang.

Sesuai dengan temanya, komik-komik yang dipamerkan kebanyakan bercerita tentang Surabaya masa lalu. Misalnya, perang Surabaya 1945, susana Jembatan Merah, dan perkelahian antara ikan hiu (Suro) dan buaya (Boyo). “Tujuan Cergamboree memang memberikan dukungan agar komik buatan lokal makin dikenal dan diterima oleh masyarakat di negeri sendiri,” ujar Kathleen.

Selain pameran komik, kegiatan ini juga akan diisi dengan workshop pembuatan komik oleh komikus asal Yogyakarta, Jakarta, dan Denpasar, sekaligus peluncuran komik edisi Hantu Nusantara. Tak hanya itu, panitia juga memutar film animasi milik Gatotkaca Studio beserta tahapan-tahapan pembuatan animasi tersebut. "Bagaimana mengisi dubbing-nya atau merangkai gambar animasi itu menjadi gerakan, semua akan ditampilkan dalam kegiatan ini,” Kathleen menjelaskan.

Cergamboree 2011 itu turut dimeriahkan oleh komikus asal Prancis, Simon Hureau. Komikus yang sudah sering mengadakan pameran di Jakarta itu memamerkan beberapa karyanya yang berkisah tentang suasana di negaranya. "Saya senang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Simon.

(KUKUH S WIBOWO)

Sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/seni/2011/02/24/brk,20110224-315784,id.html

-----&&&&&&&----

Semoga tujuan diadakan Jamboree 2011 akan membuat komik lokal dikenal dan diterima oleh masyarakat di negeri sendiri.

Salam,

Pengemar komik Indonesia
Jum'at, 25 Februari 2011
BJM, 10:54 PM WITA


end
[i]

[i]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar